Bunganabontar

A little marginal voice powered by WordPress.com

BEDA ANTARA ISLAM DAN KRISTEN

Leave a comment

Allah Islam dan Kristen, apakah Allahnya sama?

Bagi Islam, Allah adalah yang satu-satunya, yang menciptakan dan mengatur alam semesta (Tauhid rububiyah). Juga satu-satunya Allah yang harus disembah (Tauhid ubudiyah). Dan, Allah yang dipercaya umat Islam adalah Allah Ibrahim (Abraham). Allah yang juga disembah oleh Yahudi dan Kristen. Jika ditanya sama, maka secara sederhana jawabannya adalah sama. Sama-sama percaya kepada Allahnya Abraham. Abraham ada jauh sebelum Yahudi menjadi sebuah sistim agama (era Musa), begitu juga Kristen, dan Islam yang lahir kemudian.

Nabi Muhhamad SAW, jangan lupa beliau adalah pendiri agama Islam. Dan, Islam menerima juga kitab Taurat, Zabur, dan Injil. Soal adanya perbedaan, lagi-lagi soal tafsir. Jangankan antara Islam dan Kristen. Dikalangan Islam juga sama, ada beberapa tafsir. Minimal ada Islam Sunni, dan Shiah. Belum lagi yang lain seperti Islam Liberal, Ahmadiyah, Bahai, Druz, dan yang lainnya, yang oleh Islam mayoritas disebut bukan Islam.

Bagi Islam Tritunggal tidak bisa diterima, karena dianggap kesalahpahaman men-Tuhan-kan Isa Almasih (Yesus Kristus). Sementara dalam teologi Kristen, Yesus Kristus adalah Tuhan yang menjadi manusia. Sebuah prasuposisi yang sangat berbeda bukan? Ini yang terjadi, dan harus dipahami dengan jeli.

Artikel terkait… Klik di sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s