Bunganabontar

A little marginal voice powered by WordPress.com

RAJA SILAHISABUNGAN, RAJA SILALAHI ?

Leave a comment

Raja Silahisabungan di Silalahi Na Bolak , apakah ia bermarga Silalahi ? Lalu kenapa marga Silalahi tisak tertulis di Tugu Raja Silahisabungan di Silalahi Na Bolak?

Mungkin anda pernah diperhadapkan dengan pertanyaan yang agak nyeleneh ini. Arti pertanyaan ini ada dua, positif  dan negatif. Ada kalanya pertanyaan ini sering dilontarkankelompok Silalahi yang mengaku anak tertua dari Pangururan . Tetapi baiklah kita dengan kepala dingin mencerca dan memahaminya.

Tentu saja dalam Tarombo yang tertulis di Tugu Raja Silahisabungan di Silalahi Na Bolak tidak terdapak marga Silalahi, marga Sihaloho pun gakada atau marga-marga lain. Karena yang tertulis adalah anak-anak generasi pertama , keturunan Raja Silahisabungan, waktu itu belum ada marga. Kemudian setelah semakin dewasa, Raja Silahi Sabungan membuat satu konsensus Poda Sagu-sagu Marlangan, untuk keturunannya, kedelapan anak-anaknya.

Barulah kemudian keturunan dari kedelapan anak-anak Raja Silahisabungan ( sesuai tertulis di Tugu Raja Silahi Sabunagan ) memakai marga seperti : Sihaloho, Situngkir, Sirumasondi, Sidabutar, Sinabariba, Sidebang, Sipintubatu dan Tambun. Kemudian generasi berikut terlahir marga : Sipangkar, Sipayung, Sigiro, Sinabutar, Sinabang, Silalahi, Tambunan dan sebagainya sampai sekarang ini.

Lalu bagaiman dengan asal nama Silalahi Na Bolak, apakah anda dengar ? Sebuah catatan untuk kita sebaia mana dibawah ini. Karena lewat nama kampung inilah kemudian cikal bakal penanamaan / marga Silalahi. Itu sebabnya di Silalahi Nabolak saangat jamak keturunan Silahisabungan yang memakai marga Silalahi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s