Bunganabontar

A little marginal voice powered by WordPress.com

PODA SAGU-SAGU MARLANGAN : HAKIKAT DAN REALITA MASA KINI

Leave a comment

…Suku Toba umumnya mendiami wilayah dataran tinggi Toba (Holbung) sampai ke pesisir barat Sumatera Utara, yaitu Barus atau Sibolga, berbatasan dengan Sipirok  Mandailing, Pakpak Dairi, Batak Timur (Simalungun) dan Melayu…

Bagi keturunan Silahisabungan pasti tau dan mengerti apa itu Poda Sagu-sagu Marlangan. Dalam bahasa Toba, Poda adalah amanat. Poda Sagu-sagu Marlangan adalah amanat Raja Silahisabungan kepada keturunannya. Konon Poda Sagu-sagu Marlangan disampaikan Raja Silahisabungan dihadapan ke 2 istri, 1 putri dan 8 putra keturunan (generasi pertama) di Silalahi Nabolak.

Silalahi, jauh sebelum kedatangan kaum Kolonial Belanda di negeri Toba, keberadaan negeri kampung Silalahi dan Tao Silalahi sudah dikenal.

Menurut Tarombo yang umumnya dianut Suku Toba, Suku Toba diawali dengan Si Raja Batak yang mendiami negeri perbukitan Pusuk Buhit. Suku Toba umumnya mendiami wilayah dataran tinggi Toba (Holbung) sampai ke pesisir barat Sumatera Utara, yaitu Barus atau Sibolga, berbatasan dengan Sipirok  Mandailing, Pakpak Dairi, Batak Timur (Simalungun) dan Melayu.

Negeri Silalahi dan Tao (Danau) Silalahi merupakan wilayah kekuasaan Raja Silahisabungan. Alhasil, negeri Silalahi Nabolak khususnya didiami marga-marga keturunan Silahisabungan seperti : Sihaloho, Situngkir, Rumasondi, Sidebang, Sidabariba, Sidabutar, Pintubatu, Sigiro dan lain-lain. Namun belakangan marga-marga lain dari Toba juga berdatangan (merantau) ke Silalahi dan menikah dengan gadis-gadis Silalalahi Nabolak. Sebutlah marga Sagala, Sinaga, dan sebagainya. Silahisabungan sendiri menikahi gadis Pakpak Dairi menjadi istrinya, yairu Pingganmatio Padang Batangari.

Pada fase ini belumlah ada marga-marga sebagaimana sekarang ini. 8 (delapan) anak-anak Silahisabungan ialah Lohoraja, Tungkirraja, Sondiraja, Butarraja, Dabaribaraja, Debangraja, Baturaja dan terakhir Tambunraja – yang terlahir dari Si Boru Nailing. Si Boru Nailing adalah putri Nairasaon dari Sibisa ( sekitar Porsea ). Satu putri semata wayang Silahisabungan bernama Deang Namora. Dikatakan, Deang Namora tidak pernah menikah sampai akhir hayatnya. Konon Tambunraja dibawa kembali ke Silalahi Nabolak oleh Silahisabungan persis setelah lahir. Menjelang dewasa, Tambunraja kemudian meninggalkan Silalahi Nabolak dan memilih tinggal di Sibisa setelah menikahi putri Raja Manurung (Mangarerak). Di Sibisa, Tambunraja dikenal dengan Si Raja Tambun. 3 putra keturunannya ialah Tambun Mulia, Tambun Holing dan Tambun Saribu. Tambun Mulia menetap di Sibisa, sedangkan Tambun Holing merantau dan menetap di negeri Balige dan menurunkan marga Tambunan disana. Sedangkan Tambun Saribu sampai hari ini belum ada catatan yang jelas keberadaan ataupun keturunannya.

Keturunan Lohoraja, Tungkirraja, Sondiraja, Butarraja, Dabaribaraja, Debangraja, Baturaja, mereka inilah yang mendiami negeri Silalahi Nabolak pasca kepergian Tambunraja meninggalkan negeri Silalahi. Umumnya marga-marga keturunan mereka ialah Sihaloho, Situngkir, Sipangkar, Sipayung, Rumasondi, Rumasingap, Sidabutar,Sidabariba, Sidebang, Pintubatu, Sigiro. Namun belakang setelah keturunan-keturunan mereka semakin banyak dan mulai meninggalkan Silalahi untuk merantau ke negeri lain seperti negeri Batak Timur (red. Simalungun) , negeri Tanah Karo dan lainnya, banyak diantaranya kemudian memakai Silalahi sebagai marga. Bahkan sampai saat ini di negeri Silalahi Nabolak sendiri jamak diantara mereka  telah menggunakan Silalahi sebagai marga. Meski demikian, umumnya pada acara-acara adat keturunan Silahisabungan, panggilan (panjouon) yang umum digunakan adalah diantara 8 puak keturunan Silahisabungan adalah Lohoraja, Tungkirraja, Sondiraja, Butarraja, Dabaribaraja, Debangraja, Baturaja dan Tambunraja.

Pernah ada pertanyaan, meski bagi saya ini sedikit menggelikan. Kenapa keturunan Tambunraja alias Si Raja Tambun tidak ada yang menggunakan marga Silalahi ?

Ini sebenarnya terjawab dari uraian sebelumnya. Tentu saja tidak ada keturunan Tambunraja alias Si Raja Tambun yang memakai marga Silalahi karena mereka tidak berdiam di Silalahi. Saya sangat yakin bilasaja Tambunraja alias Si Raja Tambun diam menetap di Silalahi tentulah ada keturunannya yang memamakai marga Silalahi. Sebagaimana kita tau, 2 puak besar keturunan Tambunraja alais Si Raja Tambun saai ini memakai marga Tambun dan Tambunan. Tambun umumnya mereka yang berasal dari negeri Sibisa, sementara Tambunan umumnya mereka yang bersal dari negeri Balige.

“Faktanya sampai sekarang ini keberadaan Poda Sagu-sagu Marlangan masih dijaga dan dipatuhi oleh generasi-generasi Silahisabungan”

Menurut saya adalah suatu sikap yang sangat visioner tatkala Raja Silahisabungan mengadakan ritual Poda Sagu-sagu Marlangan. Ritual ini dilakukan sebelum kepergian Tambunraja dari negeri Silalahi. 8 anak-anak Silahisabungan diingatkan bahwa kelak mereka akan berketurunan. Keturunan Silahisabungan akan beranak cucu, baik di negeri Silalahi maupun negeri Sibisa. Kelak mereka beserta keturunan demi keturunannya akan saling mengetahui bahwa mereka adalah sedarah, keturunan Silahisabungan. Faktanya sampai sekarang ini keberadaan Poda Sagu-sagu Marlangan masih dijaga dan dipatuhi oleh generasi-generasi Silahisabungan.

Dimana saja, hampir diseluruh kota-kota di Indonesia telah memiliki suatu wadah perhimpunan (Punguan) keturunan Silahisabungan yang biasanya disebut Punguan Pomparanni Raja Silahisabungan. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi Perhimpunan Keturunan Raja Silahisabungan. Pernhimpunan ini sudah barang tentu mengacu kepada Poda Sagu-sagu Marlangan dan tarombo Raja Silahisabungan yang diabadikan pada Tugu / Makam Raja Silahisabungan di negeri Silalahi. Meski pada perkembangannya puak marga-marga keturunan Silahisabungan juga telah memiliki perhimpunan marga masing-masing.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s