Bunganabontar

A little marginal voice powered by WordPress.com

Pesta Tugu Raja Silahi Sabungan 2010

Leave a comment

Deklarasi Keturunan Raja Silahisabungan

Berlangsung selama tiga hari, Pesta Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan ( Pesta Tugu) berlangsung sukses dan meriah. Tahun 2010 ini, tampil sebagai Bolahan Amak alias Tuan Rumah adalah turpuk (klan) Sondiraja, urutan ketiga dari delapan turpuk (klan) keturunan Raja Silahisabungan. Marga-marga yang termasuk dalam Klan Sondiraja adalah Rumasondi, Rumasingap, Silalahi Raja Parmahan (Balige), Naiborhu, Sinurat, Nadapdap dan Doloksaribu.

Tua Ni Gondang

Kegiatan Luhutan Bolon Pomparan Raja Silahisabungan ini rutin dilangsungkan setiap tahun yang dilakukan di pelataran Tugu Makam Raja Silahisabungan di Desa Silalahi Kec.Silahisabungan Kab.Dairi. Adapan kedelapan turpuk (klan) keturunan Raja Silahisabungan secara bergantian bertindak sebagai Tuan Rumah (Bolahan Amak). Turut hadir Hula-hula Raja Silahisabungan dari klan Padangbatanari dan klan Nairasaon . Dalam kegiatan ini, dilakukan kembali ikrar bersama Poda Sagu-sagu Marlangan oleh seluruh Pomparan Raja Silahisabungan, untuk menyegarkan kembali diantara seluru keturunan Raja Silhisabungan. Hal ini dirasakan perlu sebagai counter dari beberapa pemberitaan tentang raja Silahisabungan yang mencoba merongrong tatanan Poda Sagu-sagu Marlangan dan tarombo Raja Silahisabungan oleh kelompok orang-orang dari Silalahi Raja.

Deklarasi itu menyinggung bahwa Tarombo Raja Silahisabungan sejak awal dan sampai sekarang tidak pernah berubah. Propaganda yang dilakukan Silalahi Raja merupakan  provokasi bagi Pomparan Silahisabungan.  Dengan Deklarasi tersebut adalah penekanan kembali tentang kesatuan niat dan tekad seluruh Pomparan Silahisabungan.  Selama ini Propaganada Silalahi Raja yang didukung oleh sekelompok klan marga yang lain terus bergulir, terutama di dunia maya dan mass media. Salah satu ciri mereka ialah dengan sengaja mengucapkan plesetan sebutan Silahisabungan menjadi Silalahi sabungan.  Untuk itu semua kita harus introspeksi dan mengikuti ucapan yang benar, yaitu Silahisabungan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s