Bunganabontar

A little marginal voice powered by WordPress.com

Raja Silahi Sabungan memiliki 2 Istri dan 8 Putra

Leave a comment

Silsilah keturunan Raja Silahi Sabungan sebagaimana pada gambar disamping.

Raja Silahi Sabungan semula lahir dan dibesarkan di Lumban Gorat, Balige. Sebagai orang Toba, Silahi Sabungan tentu juga menurunkan kultur-kultur Toba bagi keturunannya di Silalahi Nabolak. Diyakini, setelah Silahi Sabungan meninggalkan Toba dan memililih menetap di belantara Dairi, Silalahi Nabolak, maka lintas Toba – Samosir – Dairi – Simalungun- Karo mulai terbuka.

Keturunan Silahi Sabungan kemudian menyebar ke berbagai penjuru : Toba, Simalungun, Dairi dan Karo. Raja Silahi Sabungan memiliki 2 isteri (ripe), Pingganmatio Padangbatangari (putri Raja Pakpak) dan Siboru Nailing (putri Nairasaon, di Sibisa). Dari kedua istri inilah kemudian Raja Silahisabungan memiliki anak 8 Laki-laki dan satu (1) anak perempuan.

Tujuh putra diantaranya dari Pingganmatio Padangbatangari dan satu dari Siboru Nailing. Kedelapan putra Silahi Sabungan ini kemudian melahirkan keturunan-keturunan dengan cabang marga-marga seperti : Sihaloho, Situngkir, Sipangkar, Sipa(y)ung, Rumasondi, Silalahi (Parmahan), Rumasingap, Sidabutar, Sinabutar, Sidabariba, Sidebang, Sinabang, Pintubatu, Sigiro, Tambun, Tambunan, termasuk juga Sembiring dan Daulay.

Tambun Raja = Raja Tambun

Kisah tersendiri, Tambun Raja kemudian kembali ke Sibisa menemui Ibu dan Pamannya (Tulang), Raja Magarerak marga Manurung dan iapun dikenal dengan nama Raja Tambun dengan gelar Raja Itano. Tambun Raja menikahi purti sang Paman-nya, putri Raja Mangarerak (Manurung) dan memiliki 3 putra yang kesemunya memakai marga Tambun. Namun kemudian salah satu dari Tambun menurunkan marga Tambunan, yaitu Tambun Koling. Baik itu kelompok keturunan marga Tambun atau Tambunan berkembang diluar Toba karena sebelumnya . Di Sibisa, Tambun Raja familiar dengan sebutan Raja Tambun. Itu sebabnya hingga saat ini, keturunan Tambun Raja (sebutan di Silalahi Nabolak) lebih familiar menyebut Raja Tambun ketimbang Tambun Raja.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s